Monday, February 4, 2019

CARA MEMBUAT PEMPEK ADAAN GURIH DIJAMIN ANTI GAGAL

Cara Membuat Pempek Adaan Gurih Dijamin Anti Gagal . Makanan satu ini adalah makanan yang terkenal di provinsi Palembang, Sumatera Selatan. Makanan yang terbuat dari olahan daging ikan dan tepung sagu serta beberapa telur, putih, penyedap rasa dan garam, yaa makanan ini bernama pempek atau empek-empek ini sangat terkenal di Palembang atau se-luruh Indonesia bukan hanya itu Negara di luar Indonesia juga. 

Gambar terkait
pempek105.com
Pempek juga sekarang banyak variasi seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek isi tahu, pempek panggang, pempek lenggang, pempek adaan (pempek dengan tambahan santan) dan banyak variasi lagi. Pempek biasanya dibuat dari ikan giling yang segar, jenis ikan pun harus memiliki daging yang putih agar pempek yang akan dibuat memiliki warna yang putih juga, biasanya daging yang digunakan adalah ikan gabus, tenggiri, baji-baji atau ikan ekor kuning. Disini saya akan membagikan resep tentang cara membuat pempek adaan. Pempek adaan merupakan pempek yang paling digemari dibandingkan dengan pempek yang lain, karena istimewahnya dari pempek adaan ini terkait dari segi rasa, adaan memiliki rasa yang gurih dari pempek ini ditambahkan oleh santan dan rempah-rempah lainnya. 

CARA BUAT PEMPEK ADAAN 

Catatan: Di sini cara membuat adaan sama seperti kita membuat bakso pada umumnya, bisa disetujui adaan ini sama seperti bakso ikan. Proses pembuatan adaan ini memiliki perbedaan dengan pembuatan pempek pada umumnya yang melalui proses perebusan, tetapi pada adaan tidak dilakukan proses perebusan, dapat langsung melalui proses penggorengan. 

Bahan:

  • 35 gr Tepung Sagu / Tapioka
  • 500 gr Daging ikan giling (tenggiri / gabus / baji-baji / ekor kuning / lainnya) 
  • 1 btr Teluar ayam
  • 150 ml air dingin
  • 100 ml santan
  • 1/2 sdt merica / lada bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang bombay
  • 6 siung bawang merah
  • garam dan gula secukupnya
  • bumbu penyedap rasa
Langkah pembuatan:
  1. Campurkan ikan giling halus, telur, garam, gula, merica, bawang putih, bawang merah, cincang, bomb bombay cincang, santan dan air dingin aduk menggunakan spatula. kemudian campurkan tepung sagu / tapioka sedikit demi sedikit agar adonan tidak banyak.
  2. Jangan lupa mengerti rasa, jika serasa sudah pas, lalu goreng adonan dengan api sedang. Bentuk adonan seperti cara membuat bakso, adonan goreng jika adaan sudah menggapung dan memutar-putar angkat dan tiriskan pempek adaan.
  • tips: untung pempek adaan pada saat menggoreng dan adaan sudah mengapung atas minyak kemudian cepat diangkat, jika tidak diangkat betuk adaan akan menjadi kempes atau keriput saat sudah dingin. Dan pada saat menggoreng adaan jangan gunakan api besar tapi gunakan api yang sedang agar warna pada pempek adaan yang dihasilka cantik dan pempek adaan pun mentang dengan penuh .

sekian berbagi dari saya tentang Cara Membuat Pempek Adaan Gurih Dijamin Anti Gagal semoga Anda bisa memperaktekan dirumah dan semoga berhasil. Semangat dan Terimakasih telah mebaca blog saya.😌💜


0 comments:

Post a Comment

 

MY DASBOR Template by Ipietoon Cute Blog Design